English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sedikit Uraian Sejarah Pendidikan Indonesia

Kutipan yang terkenal dari Francis Bacon tersebut jelas mengungkapkan pentingnya pendidikan bagi manusia. Sumber pokok kekuatan manusia adalah pengetahuan. Mengapa? Karena manusia dengan pengetahuannya mampu melakukan olah-cipta sehingga ia mampu bertahan dalam masa yang terus maju dan berkembang.
Dan proses olah-cipta tersebut terlaksana berkat adanya sebuah aktivitas yang dinamakan PENDIDIKAN. Pendidikan menurut KBBI berarti sebuah kegiatan perbaikan tata-laku dan pendewasaan manusia melalui pengetahuan. Bila kita lihat jauh ke belakang, pendidikan yang kita kenal sekarang ini sebenarnya merupakan ”adopsi” dari berbagai model pendidikan di masa lalu.
Informasi mengenai bagaimana model pendidikan di masa prasejarah masih belum dapat terekonstruksi dengan sempurna. Namun bisa diasumsikan ”media pembelajaran” yang ada pada masa itu berkaitan dengan konteks sosial yang sederhana. Terutama berkaitan dengan adaptasi terhadap lingkungan di kelompok sosialnya.
Pendidikan Masa Hindu-Buddha
Sistem pendidikan pada masa lalu baru dapat terekam dengan baik pada masa Hindu-Buddha. Menurut Agus Aris Munandar dalam tesisnya yang berjudul Kegiatan Keagamaan di Pawitra Gunung Suci di Jawa Timur Abad 14—15(1990). Sistem pendidikan Hindu-Buddha dikenal dengan istilah karsyan. Karsyan adalah tempat yang diperuntukan bagi petapa dan untuk orang-orang yang mengundurkan diri dari keramaian dunia dengan tujuan mendekatkan diri dengan dewa tertinggi. Karsyan dibagi menjadi dua bentuk yaitu patapan dan mandala.
Patapan memiliki arti tempat bertapa, tempat dimana seseorang mengasingkan diri untuk sementara waktu hingga ia berhasil dalam menemukan petunjuk atau sesuatu yang ia cita-citakan. Ciri khasnya adalah tidak diperlukannya sebuah bangunan, seperti rumah atau pondokan. Bentuk patapan dapat sederhana, seperti gua atau ceruk, batu-batu besar, ataupun pada bangunan yang bersifat artificial. Hal ini dikarenakan jumlah Resi/Rsi yang bertapa lebih sedikit atau terbatas. Tapa berarti menahan diri dari segala bentuk hawa nafsu, orang yang bertapa biasanya mendapat bimbingan khusus dari sang guru, dengan demikian bentuk patapan biasanya hanya cukup digunakan oleh seorang saja.
Istilah kedua adalah mandala, atau disebut juga kedewaguruan. Berbeda dengan patapan, mandala merupakan tempat suci yang menjadi pusat segala kegiatan keagamaan, sebuah kawasan atau kompleks yang diperuntukan untuk para wiku/pendeta, murid, dan mungkin juga pengikutnya. Mereka hidup berkelompok dan membaktikan seluruh hidupnya untuk kepentingan agama dan nagara. Mandala tersebut dipimpin oleh dewaguru.
Berdasarkan keterangan yang terdapat pada kropak 632 yang menyebutkan bahwa ” masih berharga nilai kulit musang di tempat sampah daripada rajaputra (penguasa nagara) yang tidak mampu mempertahankan kabuyutan atau mandala hingga jatuh ke tangan orang lain” (Atja & Saleh Danasasmita, 1981: 29, 39, Ekadjati, 1995: 67), dapat diketahui bahwa nagara atau ibu kota atau juga pusat pemerintahan, biasanya dikelilingi oleh mandala. Dalam hal ini, antara mandala dan nagara tentunya mempunyai sifat saling ketergantungan. Nagara memerlukan mandala untuk dukungan yang bersifat moral dan spiritual, mandala dianggap sebagai pusat kesaktian, dan pusat kekuatan gaib.
Dengan demikian masyarakat yang tinggal di mandala mengemban tugas untuk melakukan tapa. Kemakmuran suatu negara, keamanan masyarakat serta kejayaan raja sangat tergantung dengan sikap raja terhadap kehidupan keagamaan. Oleh karena itu, nagara perlu memberi perlindungan dan keamanan, serta sebagai pemasok keperluan yang bersifat materiil (fasilitas dan makanan), agar para pendeta/wiku dan murid dapat dengan tenang mendekatkan diri dengan dewata.
Pendidikan Masa Islam
Sistem pendidikan yang ada pada masa Hindu-Buddha kemudian berlanjut pada masa Islam. Bisa dikatakan sistem pendidikan pada masa Islam merupakan bentuk akulturasi antara sistem pendidikan patapan Hindu-Buddha dengan sistem pendidikan Islam yang telah mengenal istilah uzlah (menyendiri). Akulturasi tersebut tampak pada sistem pendidikan yang mengikuti kaum agamawan Hindu-Buddha, saat guru dan murid berada dalam satu lingkungan permukiman (Schrieke, 1957: 237; Pigeaud, 1962, IV: 484—5; Munandar 1990: 310—311). Pada masa Islam sistem pendidikan itu disebut dengan pesantren atau disebut juga pondok pesantren. Berasal dari kata funduq (funduq=Arab atau pandokheyon=Yunani yang berarti tempat menginap).
Bentuk lainnya adalah, tentang pemilihan lokasi pesantren yang jauh dari keramaian dunia, keberadaannya jauh dari permukiman penduduk, jauh dari ibu kota kerajaan maupun kota-kota besar. Beberapa pesantren dibangun di atas bukit atau lereng gunung Muria, Jawa Tengah. Pesantern Giri yang terletak di atas sebuah bukit yang bernama Giri, dekat Gersik Jawa Timur (Tjandrasasmita, 1984—187). Pemilihan lokasi tersebut telah mencontoh ”gunung keramat” sebagai tempat didirikannya karsyan dan mandala yang telah ada pada masa sebelumnya (De Graaf & Pigeaud, 1985: 187).
Seperti halnya mandala, pada masa Islam istilah tersebut lebih dikenal dengan sebutan ”depok”, istilah tersebut menjadi nama sebuah kawasan yang khas di kota-kota Islam, seperti Yogyakarta, Cirebon dan Banten. Istilah depok itu sendiri berasal dari kata padepokan yang berasal dari kata patapan yang merujuk pada arti yang sama, yaitu “tempat pendidikan. Dengan demikian padepokan atau pesantren adalah sebuah sistem pendidikan yang merupakan kelanjutan sistem pendidikan sebelumnya.
Pendidikan Masa Kolonial
Pada masa ini, wajah pendidikan Indonesia lebih terlihat sebagai sosok yang memperjuangkan hak pendidikan. Hal ini dikarenakan pada saat itu, sistem pendidikan yang diberlakukan oleh pemerintah kolonial adalah sistem pendidikan yang bersifat diskriminatif. Artinya hanya orang Belanda dan keturunannya saja yang boleh bersekolah, adapun pribumi yang dapat bersekolah merupakan pribumi yang berasal dari golongan priyayi. Adapun prakteknya sistem pendidikan pada masa kolonial lebih mengadopsi pendidikan ala Eropa.
Namun kemudian mulai timbul kesadaran dalam perjuangan untuk menyediakan pendidikan untuk semua kalangan, termasuk pribumi. Maka hadirlah berbagai institusi pendidikan yang lebih memihak rakyat, seperti misalnya Taman Siswa dan Muhammadiyah.
Pada masa ini sistem Eropa dan tradisional (pesantren) sama-sama berkembang. Bahkan bisa dikatakan, sistem ini mengadopsi sistem pendidikan seperti yang kita kenal sekarang: Mengandalkan sistem pendidikan pada institusi formal macam sekolah dan pesantren.
Pendidikan: Berawal dari Keluarga
Pendidikan abad 21 diwarnai dengan pengaruh globalisasi. Berbagai sistem pendidikan berlomba-lomba diadopsi, dikembangkan dan disesuaikan. Institusi-institusi pendidikan mulai menjamur. Namun muncul kritik dari beberapa orang seperti Ivan Illich, yang menganggap sistem pendidikan hanya berorientasi untuk menghasilkan tenaga kerja untuk kepentingan industri semata. Pendidikan kehilangan maknanya sebagai sarana pembelajaran.
Kemudian muncul sebuah ide Home Schooling, yaitu pendidikan yang tidak mengandalkan institusi formal, tapi tetap bisa dilakukan di rumah sesuai kurikulum. Home Schooling adalah pola pendidikan yang dilatarbelakangi adanya ketidakpercayaan terhadap fenomena negatif yang umum terdapat pada institusi formal: adanya bullying, serta metode yang didaktis dan seragam.
Namun bukan berarti institusi pendidikan formal tidak menyesuaikan diri. Kini, timbul kesadaran bahwa prestasi bukanlah angka-angka yang didapat di ujian, atau merah-birunya rapor. Melainkan adanya kesadaran akan pentingnya sebuah kurikulum berdasarkan kompetensi.
Dari rangkaian sejarah pendidikan yang panjang ini ada satu esensi yang bisa kita ambil yaitu seperti apapun bentuknya, keberhasilan pendidikan pada dasarnya tidak hanya tanggung jawab dari pengelola pendidikan saja tetapi juga menuntut peranan dari orangtua yang tidak kalah pentingnya. Sejarah akan terus berulang: Pendidikan berawal dari keluarga

Tips - Trick komputer

Tips Merawat Komputer dan Tips Perawatan Komputer atau PC
Tips Cara Perawatan Printer atau Cara Merawat Printer
Tips Ampuh Mematikan Autorun
Tips Mudah Cara Instal Driver Laptop, Komputer, dan Netbook
Tips Cerdas Cara Mengenali 7 Arti Lampu Kedip Printer Canon Pixma IP dan Solusinya
Tips Jitu Mempercepat Proses Booting Windows 7
Tips Nyleneh Cara Membuat Layar Laptop Terbalik di Windows
Tips Ringan Cara Meminimize Seluruh Program Di Windows 7
Tips Cerdas Cara Menampilkan Operasi Matematika Equation Tools di Microsoft Word 2007
Tips Manjur Cara Menentukan Program Default di Windows 7
Tips Saleh Cara Menggunakan Komputer Di Bulan Puasa
Tips Cerdas Cara Mengatasi Wintoflash Cannot Lock The Drive
2 Cara Kilat Install Netbook, Laptop dengan Flashdisk
Tips Microsoft Excel yang Wajib Dikuasai Seorang Guru
Disable dan Enable Ctrl Alt Del ketika login di Windows Xp, Vista dan windows 7
Menghentikan program yang tidak dikehendaki (hidden process/ virus), memakai Securuty Task Manager
Menormalkan kembali atribut hidden folder dan file di dalam flash disk yang disembunyikan oleh virus
Tips Membuat Irit Konsumsi Baterai Laptop
Proteksi dokumen Ms.office dengan password
Backup Driver Komputer
Cegah Autorun dengan Autorun Eater 2.3
Cd Drive Tools, untuk buka tutup tray CD/DVD Rom dengan klik mouse
Aplikasi Pengunci Tombol Keyboard
Proteksi Dokumen dengan Menyembunyikan Folder Memakai My Lockbox
Tips Menyembunyikan Drive Komputer
Menampilkan kembali Folder Options yang hilang di Windows xp
Membuat Autohide Shortcut di Desktop
Disable Fungsi Port USB Disk

Tips-Trick Blogger widget dan kode Javascript

LANGKAH PEMBUATAN BLOG
cara membuat addres bar berjalan di blog
berbagi ilmu
Cara Memasang Animasi Tags Cloud
Menampilkan Status Yahoo Mesengger di Gadget Profil
Membuat Widget "Change Font This Blog" di Blog
Cara Membuat Sub Dropdown Pada Horizontal Menu
Tips Making Link list With Scrool
Cara membuat link dengan scrool dan bergerak
Cara Membuat Tempat Link
Cara Menambahkan Icon pada Link List / Label
Cara Membuat ScrollBar Pada Arsip Blog anda
Cara Membuat Efek Energy Saving Pada Blogspot
Memasang Effect cursor bertaburan bintang
Memasang Primbon di blog
Cara Membuat Auto Hide pada Navbar Blog
Cara membuat Shoutmix / buku tamu Tersembunyi
Membuat Widget Recent Comment ( Komentar Terbaru)Java Script
Cara Membuat Widget Multi Halaman/TabView
Cara Membuat gambar loading tampil di blog
Membuat Judul Blog Bergerak atau Berjalan
Cara Membuat Kelelawar/ kupu-kupu Terbang di Blog
Cara Membuat Roaming effect Blog
Cara membuat Gambar Membesar di blog
Cara Membuat Efek Link Berwarna-warni JavaScript
Cara Memberi Efek Blur pada Gambar dengan Java Script
Cara Menghilangkan Judul Blog Di Header
Cara Menghilangkan Tulisan Subscribe To Post Atom di Blog
Cara Membuat Halaman Penuh Tanpa Sidebar
Cara Menghilangkan Judul Blog Di Header
Cara Menghilangkan Tulisan Subscribe To Post Atom di Blog
Membuat favicon scroll text dengan mudah
Cara menaruh kode HTML di postingan blog
Cara mengatur postingan pada beranda blog
Pasang Widget penterjemah from google
Cara menampilkan kode html / javascript di postingan
cara membuat salam penutup di blog
widget google translate Versi.2
Cara membuat Cursor Menjadi Gambar di blog anda
Cara Daftar & Pasang Widget Histats di Blog anda
membuat text area di postingan blog
membuat widgets 3 kolom di bawah header blog
Tips membuat gambar Berada Di pojok blog
trick membuat readmore otomatis di blog
Tips memprotek blog dari penjiplakan
membuat salam pembuka di blog

Category software dan aplikasi

cara ngakalin billing warnet (1)
Tips Merubah File Pdf ke Swf Pdf to swf converter
Tips Menuliskan Ayat Al-quran Beserta Terjemahan Ke Ms Word Secara Otomatis Text bukan gambar
20 Arabic Font Keren Gratis
18 Software Gratis
Ebook Lengkap Panduan PHP dan MySql Gratis
Download Frame Foto Gratis
software fulll version
WebcamXP Pro 5.5.1.0 Full Patch Keygen
SpeedUpMyPC 2011 5.1.1.3 Full With Key
Download Copy Protect 1.5 Full Crack
Testing Memory RAM Dengan MemTest86+ 4.20
Software Pencari Chord Guitar Otomatis
Download Windows Movie Maker 6.0 Support Windows 7
software editing gambar ke video
Easy Icon Maker 5.5
Laporan Praktikum Java Internet anda
Tutorial lengkap JAVA Programming
Modul Kuliah Macromedia Flash 2
Download CD Ilmu Komputer
PCMAV (Anti Virus)
Opera mini versi 5 BETA
Download Ebook Safety Riding
OllyDBg - 32 bit Assembler
Download Aplikasi PDF to Word Converter 1.1
Download Aplikasi ColorPic
instant Messenger Alternatif dengan Fitur SMS Gratisan
doPDF - Free PDF Converter
Download IE7 PRO
Download Vista Start Menu
Download EximiousSoft Banner Maker
WinShalat 1.0 (Aplikasi pembelajaran sholat gratis
Quran Desk v.4.29 - Menampilkan Terjemah di Desktop
DOwnload HTTrack Website Copier
software unik dan gokil
bermain-piano-di-pc-dengan-pianofx
Download Photoscape V3.4
portable-photoshop-cs4
Portable Google Chrome 3.0.195.33
Online banyak ID yahoo dalam satu PC
Versi terbaru Opera 10.53
Mengconvert Video Dengan iWisoft Free Video Converter
Backup Dan Sinkronisasi Data Dengan DropBox
Bullzip PDF Printer Aplikasi Pencetak File PDF Gratis
Membersihkan File Sampah Dengan BleachBit Portable
Download Game Gratis TAGAP 2
Mengelola Jadwal Dengan EssentialPIM

Recent Post

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Followers

ads
free counters
IP