English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sejarah Kehidupan Rasulullah Saw, Sejak Perang Uhud Hingga Fathu Makkah

Setelah terjadinya perang Uhud yang merupakan pembalasan dendam suku Quresy atas kekalahan telaknya pada perang Badr, kekuatan kaum muslimin di Madinah mulai diperhitungkan. Munculnya kekuatan baru yang membawa simbol keagamaan baru dirasa oleh banyak suku Arab sebagai ancaman yang serius. Untuk itu, ketika Abu Sufyan meminta dukungan dana dan tentara dari suku-suku tersebut untuk memerangi Madinah dan menghancurkan kaum muslimin, segera terkumpul pasukan dan dana yang besar.
Perang Khandaq
Pada tahun kelima hijriyah, sekelompok orang Yahudi datang ke Mekah untuk memprovokasi kaum kafir Quresy agar menyerang kaum muslimin di Madinah. Untuk memperkuat pasukan, Quresy meminta bantuan suku-suku Arab lainnya yang memendam permusuhan dengan Rasulullah Saw.
Dalam perang ini, Quresy juga meminta bantuan suku-suku Arab yang memiliki perjanjian militer dengannya. Akhirnya, Abu Sufyan berhasil menghimpun kekuatan sebesar 10 ribu tentara. Jumlah ini dipandang amat besar untuk menyerang sebuah kota yang jumlah penduduknya baik laki-laki, perempuan, anak kecil maupun orang lanjut usia, hanya sekitar 10 ribu orang.
Ketika berita rencana serangan pasukan besar yang dikenal dengan Ahzab ini sampai ke telinga Rasulullah Saw, beliau mengumpulkan para sahabatnya untuk meminta pendapat mereka. Pada saat itu, Salman Al-Farisi, sahabat Nabi yang berasal dari negeri Persia mengatakan, bahwa orang-orang di negerinya biasa menggali parit ketika mengkhawatirkan serangan musuh. Pendapat ini akhirnya disetujui oleh Nabi Saw.
Rasul memerintahkan para sahabatnya untuk menggali parit di sepanjang wilayah utara kota Madinah. Sebab, daerah utaralah satu-satunya pintu yang mudah untuk memasuki kota Madinah, mengingat bukit-bukit bebatuan yang membentengi kawasan timur dan barat kota ini sehingga musuh tidak mungkin menyerang dari sana. Bukit-bukit itu juga relatif menutupi kawasan selatan kota Madinah, meski tetap meninggalkan celah-celah kecil.
Selama enam hari, seluruh kaum muslimin termasuk pemimpin mereka, yaitu Rasulullah Saw bahu membahu menggali parit. Setelah parit siap, pasukan kaum muslimin mengambil posisi pertahanan di dalam kota Madinah. Dan pasukan pemanah juga telah siap di posisi masing-masing.
Di saat seperti itu, Yahudi bani Quraidhah yang tinggal di Madinah merobek isi perjanjian damai dengan Rasulullah. Tidak hanya itu, mereka juga bersiap-siap melakukan pengkhianatan dan membantu pasukan Ahzab untuk menghabisi kaum muslimin. Akibatnya, umat Islam menghadapi musuh yang besar di luar dan musuh di dalam.
Pasukan kafir terperangah ketika menyaksikan bentangan parit yang menghalangi gerak maju mereka. Bangsa Arab saat itu tidak mengenal strategi pertahanan dengan membuat parit. Di luar parit pasukan Ahzab mendirikan kemah. Beberapa kali pasukan berkuda Ahzab berusaha menyeberang parit, namun usaha mereka gagal setelah pasukan muslimin menghalau mereka dengan hujan anak panah.
Suatu ketika, beberapa jawara Ahzab termasuk Amr bin Abdi Wad berhasil menyebrangi parit melalui bagian yang relatif sempit. Di sanalah, Amr dengan congkaknya menantang siapa saja yang berani untuk bertarung dengannya. Hanya Ali bin Abi Thalib yang menjawab tantangan itu, karena Amr bin Abdi Wad dikenal sebagai pahlawan Arab yang keberaniannya paling kesohor. Nabi SAW melilitkan serbannya di kepala Ali dan mendoakannya.
Ali yang mewakili kaum muslimin kini berhadap-hadapan dengan Amr yang mewakili kubu kaum kafir. Debu-debu beterbangan dan serunya pertarungan itu hanya bisa didengar dari dentingan suara pedang. Semua menantikan hasil pertarungan itu dengan hati berdebar-debar. Tak lama kemudian terdengar pekik takbir Ali yang menandakan terbunuhnya Amr di tangan pahlawan muslim ini. Kemenangan Ali atas Amr dipuji oleh Rasulullah Saw dalam sebuah hadisnya. Beliau bersabda, pukulan Ali pada perang parit lebih mulia dari ibadah seluruh manusia dan jin.
Kekalahan Amr telah menebar kekecewaan dan keputus-asaan di hati kaum kafir. Bertiupnya badai yang memporakporandakan perkemahan mereka dan minimnya persediaan rumput untuk binatang ternak dan kuda-kuda mereka telah mengendurkan tekad untuk menyerang kota Madinah. Akhirnya Abu Sufyan yang menjadi komandan pasukan Ahzab memerintahkan untuk berkemas dan kembali ke Mekah.
Kisah perang Ahzab secara cukup detail diceritakan oleh Allah Swt dalam al-Quran surah Al-Ahzab.
Sebagaimana yang telah disinggung sebelum ini, ada tiga kabilah Yahudi yang tinggal di Madinah dan sekitarnya. Mereka adalah kabilah Bani Qainuqa, bani Nadhir dan Bani Quraidhah. Dengan mereka inilah Nabi Saw mengikat perjanjian untuk tidak saling mengganggu. Perjanjian ini dibuat untuk menciptakan suasana damai di Madinah antar beberapa kelompok untuk bisa hidup berdampingan dengan damai.
Namun ketiga kabilah Yahudi tersebut akhirnya melakukan pengkhianatan dan pelanggaran terhadap kesepakatan. Kabilah Bani Qainuqa dan kabilah bani Nadhir diusir dari Madinah kerena pengkhianatan mereka. Sedangkan bani Quraidhah mendapatkan hukuman yang lebih berat karena pengkhianatan mereka yang amat besar. Seperti yang telah dijelaskan tadi, di saat kaum muslimin Madinah menghadapi ancaman serangan pasukan Ahzab yang berjumlah sepuluh ribu orang, Yahudi bani Quraidhah merobek isi perjanjian damai mereka dengan Rasulullah.
Pengkhianatan yang dilakukan oleh kelompok sedemikian besar sehingga mengancam keamanan seluruh Madinah. Setelah berakhirnya perang Ahzab atau perang Khandaq yang diwarnai dengan kepulangan pasukan kafir ke negeri masing-masing, Allah Swt memerintahkan Nabi-Nya untuk mengepung dan menyerang bani Quraidhah. Dengan posisi yang terjepit dan mental yang telah melemah karena kepergian pasukan Ahzab, bani Quraidhah menyerah di tangan Nabi Saw.
Nabi Saw memberikan wewenang kepada Saad bin Mu'adz, pemimpin Aus yang dulu sekutu dekat kelompok ini, untuk memutuskan hukuman apa yang akan dijatuhkan terhadap bani Quraidhah. Saad memutuskan untuk memenggal kepala orang-orang lelaki dari kelompok ini dan menawan anak kecil dan kaum wanitanya. Vonis ini disebut oleh Rasulullah sebagai vonis ilahi.
Perang Mu'tah
Setelah tentara muslimin berhasil menundukkan kekuatan kaum Yahudi di Kheibar, dan setelah keamanan dan stabilitas berhasil ditegakkan di Hijaz, maka Rasulullah Saw berpikir untuk memusatkan dakwahnya kepada penduduk di kawasan-kawasan perbatasan dengan Syam. Untuk itu Rasulullah saaw mengutus salah seorang sahabat, bernama Harits bin Umair Al-Azdi, dengan membawa sepucuk surat untuk diserahkan kepada pemimpin Ghasasinah, bernama Al-Harits bin Abi Syimr Al-Ghassani. Akan tetapi, setelah menerima dan membaca surat Rasulullah, pemimpin Ghasasinah ini menangkap dan membunuh utusan Nabi di suatu tempat bernama Mu'tah. Perbuatan membunuh utusan ini dianggap sebagai pelanggaran besar terahdap peraturan yang berlaku saat itu, yang melarang membunuh utusan yang datang dari pihak musuh sekalipun. Hal ini membuat Nabi marah dan beliau memutuskan akan menghukum pembunuh utusan beliau.
Selain itu, sebelumnya pun Rasulullah Saw telah mengutus 15 orang dari sahabat beliau ke kawasan Syam, untuk mengajak penduduk negeri itu kepada Islam. Akan tetapi penduduk setempat menangkap mereka semua. Kemudian terjadi perlawanan dan pertempuran diantara mereka. Oleh karena kekuatan yang sangat tidak seimbang, maka semua sahabat Nabi tersebut gugur syahid, kecuali satu orang yang terluka dan berhasil kembali kepda Nabi di Madinah dan memberitakan peristiwa tersebut.
Dua peristiwa tersebut telah menciptakan kondisi politik yang panas diantara kedua belah pihak. Kemudian pada bulan Jumadil Awal, Rasulullah saaw memerintahkan kaum muslimin untuk berjihad, dan beliau mengutus tentara berjumlah 3000 orang. Rasulullah saaw menunjuk Ja'far bin Abitalib sebagai panglima perang, dengan catatan, jika ia gugur, maka Zaid bin Harits, menggantikannya. Jika Zaid gugur pula, maka Abdyullah bin Rawwahah menggantikannya. Jika Abdullah juga gugur, maka mereka harus mengambil kesepakatan untuk mengangkat salah seorang diantara mereka sebagai panglima. Rasulullah saaw pun menyempatkan diri untuk menghantarkan mereka dan mengucapkan selamat jalan kepada tentara muslimin tersebut, seraya mendoakan : Semoga Allah membela kalian, dan mengembalikan kalian dalam keadaan selamat, dan dengan kemenangan.
Di Syam, Al-Harits bin Abi Syimr Al-Ghassani, yang berkuasa di Bashro, telah mempersiapkan pasukan berjumlah 100.000 orang untuk menahan langkah maju tentara muslimin. Sementara itu, Kaisar Syam sendiri juga mempersiapkan 100.000 tentara untuk berjaga-jaga, dan akan turun ke medan pertempuran jika diperlukan.
Sebagaimana diketahui, saat itu Syam dikuasi oleh kekaisaran Romawi, dan ada beberapa penguasa Arab yang dijajah dan menyatakan tunduk kepada kaisar Romawi. Mereka ini adalah negara-negara blok Romawi. Sebagaimana di zaman kita ini kita mengenal ada blok barat dan blok timur, maka saat itu pun ada blok Romawi dan blok Persia. Negeri Syam yang merupakan blok Romawi tentu didukung oleh kekuatan Romawi.
Kekuatan dua pasukan yang akan bertempur ini jelas tidak seimbang. Peperangan pun berlangsung selama beberapa hari. Di pihak muslimin, satu persatu panglima tentaranya gugur. Mulai dari Ja'far, Zaid dan Abdullah bin Rawahah. Kemudian pasukan muslimin sepakat mengangkat Khalid bin Walid sebagai penglima. Khalid pun menyusun taktik perang yang tidak dikenal sebelumnya. Ia membagi tentara muslimin menjadi dua bagian. Bagian pertama tetap berada di garis peperangan, sedangkan bagian kedua diminta untuk memisah dan menempatkan diri di jarak yang cukup jauh. Semua itu dilakukan di malam hari dan dengan kerahasiaan yang ketat. Pasukan yang kedua ini diminta untuk bergabung dengan pasukan pertama yang berada di medan perang, di pagi hari begitu peperangan telah dimulai lagi.
Maka persis sebagaimana yang tekah diatur, ketika besok paginya perang berkobar lagi antara pasukan muslimin yang bertahan di medan perang dengan pasukan musuh dari Syam, pasukan muslimin yang tadi malam memisahkan diri di suatu tempat, berdatangan untuk bergabung. Pasukan musuh menyangka bahwa yang datang itu adalah bala bantuan baru dari Madinah, yang menambah jumlah pasukan muslimin. Hal itu menyebabkan pasukan musuh kehilangan nyali, sehingga pasukan muslimin kemudian berhasil mengalahkan mereka dan kembali ke Madinah dengan kemenangan.
Rasulullah Saw sangat sedih ketika mendengar bahwa Ja'far bin Abi Thalib gugur di medang perang Mu'tah. Dan tiap kali mengingat peristiwa tersebut beliau menangis. Dalam sejarah disebutkan bahwa kedua tangan Ja'far terpotong oleh pedang musuh, sebelum kemudian beliau gugur syahid. Rasulullah Saw mengatakan bahwa Ja'far mendapat hadiah berupa dua sayap yang membuatnya dapat terbang di surga. Untuk itulah kemudian Rasulullah saaw menjulukinya dengan "Ja'far At-Thayyar" yang artinya kira-kira "Ja'far yang Terbang".
Selain itu, Rasulullah Saw, tentu saja atas perintah Allah Swt, juga memberikan hadiah sebagai cara untuk mengenang Ja'far At-Thayyar, dengan mensyareatkan suatu amalan sunnah berupa salat, yang dinamai sebagai salat Ja'far At-Thayyar. Salat ini dikenal di kalangan Ahlussunnah wal Jama'ah dengan nama salat Tasbih. Meskipun di kalangan Syiah saja salat ini dikenal dengan nama salat Ja'far, akan tetapi ia dilakukan bukan untuk Ja'far At-Thayyar. Namanya saja salat Ja'far, tetapi fadlilah, keutamanan dan pahalanya yang sangat besar, adalah bagi siapa saja yang melakukannya.
Pelanggaran Perjanjian Hudaibiyah oleh Kaum Qureisy
Sebagaimana Anda ketahui, Rasulullah Saw pernah menjalin perjanjian damai dengan kaum musyrikin Quraisy yang dikenal dengan nama Perjanjian Hudaibiyah. Isi terpenting dari perjanjian tersebut ialah bahwa kedua belah tidak akan saling memerangi baik langsung mapun tidak langsung.
Akan tetapi kaum Quraisy, melanggar perjanjian Hudaibiyah ini ketika mereka memasok kabilah Bani Bakr dengan senjata perang. Kaum Qureisy mendorong Bani Bakr dari suku Kinanah yang bersahabat dengannya ini untuk menyerang Khuza'ah yang bersahabat dengan muslimin. Maka Bani Bakr pun menyerang Bani Khuza'ah pada malam hari. Mereka membunuh sejumlah mereka dan menyandera sejumlah lainnya. Rasulullah Saw mendengar tentang perbuatan Bani Bakr terhadap Bani Khuza'ah yang mendapat dukungan dari Qureisy. Rasul pun berjanji akan menolong Bani Khuza'ah.
Akan tetapi kaum Qureisy menyesali pelanggaran yang mereka lakukan, yaitu mempersenjatai Bani Bakr dan mendorongnya untuk memerangi Khuza'ah. Mereka pun mengirim salah seorang tokoh mereka yaitu Abu Sufyan ke Madinah untuk menjumpai Nabi Saw dan meminta maaf sekaligus menekankan komitmen mereka terhadap perjanjian damai yang telah mereka buat di Hudaibiyah. Mula-mula Abu Sufyan mendatangi rumah putrinya, Ummu Habibah, salah seorang istri Rasulullah Saw.
Akan tetapi ia tidak mendapat penghormatan yang semestinya dari putrinya ini, melihat bahwa Abu Sufyan adalah seorang musyrik dan najis. Kemudian Abu Sufyan pergi langsung menemui Nabi saaw, dan berbicara kepada beliau tentang kemungkinan memperbarui pernajnian damai. Akan tetapi Rasulullah Saw tidak memberikan jawaban apa pun kepadanya, yang menunjukkan bahwa beliau tidak menaruh perhatian kepada Abu Sufyan dan misi yang dibawanya.
Abu Sufyan masih belum berputus asa, dan pergi menemui beberapa sahabat Nabi saaw untuk menolongnya menyampiakan misi yang ia bawa kepada Nabi, yaitu membuat perjanjian damai baru. Akan tetapi para sahabat pun tidak memberikan jawaban. Kemudian Abu Sufyan pergi ke rumah Imam Ali dan Sayidah Fatimah as, menyampaikan permohonan agar mereka bersedia membantunya untuk berbicara dengan Rasulullah Saw. Imam Ali as menjawab, "Demi Allah, Rasulullah Saw telah mengambil keputusan dimana tak ada satu pun dari kami yang dapat memintanya untuk mengubah keputusan tersebut."
Abu Sufyan pun menoleh kepada Sayidah Fatimah as, lalu meminta kepada beliau untuk berbicara kepada Nabi Saw dan menyampaikan permohonan maaf dari kaum musyrikin Qureisy. Akan tetapi Sayidah Fatimah pun dengan tegas menolak seraya mengatakan bahwa semua itu terpulang kepada keputusan Rasulullah saaw sendiri.
Adapun Rasulullah Saw, telah mengambil ketetapan dan memerintahkan mobilisasi umum dengan tujuan menaklukkan kota Makkah, benteng terkuat diantara benteng-benteng para penyembah berhala, dan menghancurkan pemerintahan kaum Qureisy yang zalim, yang selama ini merupakan kendala terbesar bagi kemajuan dan penyebaran ajaran Islam.
Doa Nabi Saw di hari-hari itu ialah permohonan kepada Allah Swt agar membutakan mata orang-orang Qureisy sehingga tidak meliat kedatangan muslimin dan tidak mengetahui tujuan mereka. beliau berdoa demikian, "Ya Allah cabutlah penglihatan orang-orang Qureisy sehingga mereka tidak akan melihat kedatanganku kecuali dalam keadaan tiba-tiba dan tidak mendengar rencanaku ini kecuali mendadak."
Di bulan Ramadlan tahun kedelapan, berkumpullah umat muslimin dalam jumah yang besar untuk berangkat menuju Makkah. Berbagai kabilah dan suku Arab yang telah menyatakan keislaman mereka juga turut serta. Diantara mereka yang ikut dalam rombongan fathu Makkah ini ialah, kaum Muhajirin 700 orang dengan tiga bendera ditambah 300 ekor kuda. Kaum Anshar 4000 orang dengan banyak bendera ditambah 700 ekor kuda. Kabilah Muzainah 1000 orang dengan dua bendera dan 100 ekor kuda. Kabilah Juhainah 800 orang dengan empat bendera dan 50 ekor kuda. Kabilah Bani Ka'ab 500 orang dengan tiga bendera. Selain mereka ikut pula sejumlah besar orang dari kabilah Ghifar, Asyja' dan Bani Sulaim. Ibnu Hisyam, salah seorang penulis sejarah terkenal mengatakan bahwa muslimin yang ikut serta dalam Fathu Makkah mencapai 10.000 orang.
Hampir saja berita tentang kedatangan kaum muslimin ke Makkah ini sampai ke telinga orang-orang Makkah. Jibril as datang kepada Nabi saaw memberitakan bahwa ada seorang mata-mata di kalangan muslimin yang mengirim surat kepada kaum Qureisy, melalui seorang perempuan bernama Sarah, seorang penyanyi dan penghibur, yang ingin membocorkan rencana besar Rasulullah saaw menaklukkan kota Makkah ini. Jibril memberitakan bahwa perempuan bersama suatu rombongan tengah bergerak menuju Makkah.
Mendengar itu Rasulullah Saw memerintahkan kepada Imam Ali as, Miqdad dan Zubeir, untuk mengejar perempuan tersebut, menahannya dan mengambil surat itu darinya. Mereka bertiga berhasil mengejar rombongan tersebut, lalu menahan perempuan itu dan memintanya untuk menyerahkan suratnya. Akan tetapi perempuan tersebut membantah dan mengatakan bahwa ia tidak membawa surat apa pun.
Tentu saja Imam Ali as sama sekali tidak percaya omongan perempuan ini karena ia yakin seratus persen bahwa Jibril as tidak mungkin berbohong. Untuk itu beliau berkata dengan nada keras dan mengancam perempuan tersebut, jika tidak bersedia menyerahkan surat, terpaksa beliau akan menggeledahnya. Karena merasa takut maka perempuan itu pun menyerah dan mengeluarkan surat rahasia tersebut.
Penaklukan kota Mekah (Fathu Makkah)
Setelah kaum musyrikin Qureisy melanggar perjanjian damai dengan Rasulullah Saw, dan setelah utusan mereka yaitu Abu Sufyan, gagal meminta maaf dari Rasulullah Saw, dan kembali ke Mekah dengan tangan hampa, Rasulullah Saw menyusun rencana rahasia untuk menaklukkan kota Mekah. Akan tetapi beliau tidak menginginkan adanya pertumpahan darah dalam hal ini. Untuk itulah beliau menyusun strategi dengan sangat rapi, dengan memperhitungkan tujuan beliau itu.
Rasulullah Saw pun memulai gerakan besarnya ini tanpa seorang pun yang mengetahui dengan pasti tujuan beliau, selain sejumlah kecil orang kepercayaan beliau. Saat itu tanggal 10 Ramadlan. Beliau dan muslimin dalam keadaan berpuasa. Di tengah jalan beliau berbuka dengan meneguk air, dan meminta seluruh anggota pasukan untuk melakukan hal yang sama, dengan tujuan agar mereka memiliki kekuatan dan tidak lemah ketika berhadapan dengan musuh.
Setelah Rasul bergerak dari Madinah menuju Mekah, paman beliau, Abbas bin Abdulmuttalib, juga bergerak dari Makkah menuju Madinah untuk bergabung bersama Rasulullah Saw. Sebagaimana diketahui, setelah Rasulullah Saw dan muslimin berhijrah dari Mekah ke Madinah, Abbas bin Abdulmuttalib tetap berada di Mekah, tidak ikut berhijrah ke Madinah. Hal itu adalah atas permintaan Nabi Saw, dengan tujuan agar Abbas memata-matai semua kegiatan kaum musyrikin Quraisy dan menghinformasikannya kepada Rasulullah Saw di Madinah.
Untuk itulah Abbas paman Rasul ini, menyembunyikan keislamannya dan menjalin hubungan yang baik dengan tokoh-tokoh Qureisy seperti Abu Sufyan dan lain-lain. Ketika Abbas menyongsong ke datangan Rasulullah dan muslimin di tengah jalan antara Mekah dan Madinah, Abbas membawa serta Abu Sufyan dan seorang lagi tokoh Qureisy bernama Abdullah bin Abi Umayyah bin Al-Mughirah.
Dua orang ini adalah yang paling getol memusuhi Rasulullah Saw dan yang sangat aktif dalam usaha menggagalkan dakwah beliau. Setelah Abbas dan dua orang ini bergabung bersama Rasulullah Saw, kedua orang tersebut ingin bertemu dengan Nabi, akan tetapi mereka tidak mendapat ijin untuk itu.
Ketika pasukan Islam sudah sampai di pinggiran kota Mekah, Rasulullah Saw memerintahkan untuk menyalakan api di atas gunung dan bukit-bukit sekitar Mekah dari arah Madinah, dengan tujuan menciptakan rasa takut dipada penduduk Mekah. Beliau juga meminta agar setiap orang dari tentaranya membawa obor di tangan sehingga akan tampak sebuah garis memanjang dari api. Semua itu adalah untuk menunjukkan kepada penduduk Mekah bahwa yang datang kali ini adalah pasukan muslimin dalam jumlah yang besar. Rasulullah Saw juga mengutus Abbas, paman beliau, untuk memberitakan kepada warga Mekah agar menyerah terhadap pasukan muslimin dan tidak mengadakan perlawanan.
Ringkas cerita, penduduk Mekah benar-benar merasa ketakutan melihat atau mendengar besarnya kekuatan pasukan muslimin, sehingga tak ada lagi semangat perlawanan dari mereka. Inilah memang yang dikehendaki oleh Rasulullah Saw, yaitu penaklukan kota Mekah tanpa pertumpahan darah. Ketika masih berada di pinggiran Mekah dan sebelum memasuki kota ini, Rasulullah Saw menerima Abu Sufyan di kemah beliau.
Diantara pembicaraan antara Rasulullah Saw dan Abu Sufyan ialah bahwa Rasulullah Saw berkata kepadanya, "Belum tibakah saatnya bagimu untuk meyakini bahwa tidak ada tuhan selain Allah?" Abu Sufyan berkata, "Sesungguhnyalah wahai Muhammad, betapa lembutnya hatimu, betapa mulianya dirimu dan betapa besarnya perhatianmu terhadap pertalian keluarga. Demi Allah, aku telah menyangka bahwa jika ada tuhan lain selain-Nya, maka aku tidak akan memerlukannya." Kemudian Rasulullah Saw berkata, "Belum tibakah saatnya bagimu untuk meyakini bahwa aku adalah utusan Allah?" Abu Sufyan menjawab, "Demi Allah tentang yang satu ini di hati masih ada ganjalan."
Mendengar jawaban Abu Sufyan seperti itu, Abbas bin Abdulmuttalib yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut, marah dan membentak Abu Sufyan, "Menyerahlah dan bersaksilah bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, sebelum lehermu dipenggal." Maka Abu Sufyan pun mengucapkan dua kalimat syahadah tersebut, dan Rasulullah Saw pun menerima keislamannya yang seperti itu. Akan tetapi Rasulullah Saw tetap meminta kepada Abbas agar tetap menjaga dan mengawasi Abu Sufyan karena orang ini masih belum bisa dipercaya.
Kemudian atas permintaan Rasul pula, Abbas membawa Abu Sufyan ke suatu tempat agak tinggi, di atas jalan yang akan dilalui oleh rombongan pasukan muslimin, agar menyaksikan kehebatan kekuatan muslimin ketika memasuki kota Mekah. Ketika Abu Sufyan menyaksikan masuk pasukan muslimin rombongan demi rombongan, sementara Abbas memberikan penjelasan kepadanya tentang ciri-ciri dan kehebatan pasukan muslimin, Abu Sufyan berkata, "Benar-benar hebat mereka itu. Demi Allah, kerajaan keponakanmu telah sedemikian besar dan kuat." Abbas menjawab, "Celaka kau Hei Abu Sufyan, ini bukan kerajaan, akan tetapi kenabian."
Demikianlah Rasulullah Saw dan pasukannya memasuki kota Mekah dengan penuh kewibawaan, tanpa pertumpahan darah, berkat strategi yang beliau rancang dengan sebaik-baiknya. Kemudian Rasulullah Saw membebaskan Abu Sufyan untuk menemui tokoh-tokoh Mekah dan memastikan lagi kepada mereka untuk menyerah sepenuhnya dan tidak mengadakan perlawanan menghadapi pasukan muslimin. Akan tetapi, meskipun Rasulullah Saw memerintahkan tentaranya untuk tidak memulai menyerang, kecuali jika diserang, beliau menjatuhkan hukuman mati untuk sepuluh orang dari penduduk Mekah, dan memerintahkan kepada pasukannya agar membunuh mereka, meskipun mereka berlindung di balik kain Ka'bah. Nama-nama sepuluh orang yang dijatuhi hukuman mati oleh Rasulullah Saw ini ialah:
1- Ikrimah bin Abi Jahal
2- Hubar bin Aswad
3- Abdullah bin Abi Sarh
4- Qeis bin Hubabah Al-Kindi
5- Al-Huwairits bin Nuqainad
6- Shofwan bin Umayyah
7- Wahsyi bin Harb, pembunuh Sayidina Hamzah
8- Abdullah bin Zab'ari
9- Harits bin Thalalah
10- Abdullah bin Khathl
Aturan Baru di Mekah
Setelah Rasulullah Saw memasuki Makkah dan beristirahat, beliau meminta kepada Utsman bin Thalhah untuk memberinya kunci Ka'bah, karena selama ini dia lah pemegang kunci Ka'bah yang dia terima secara turun temurun. Kemudian Nabi membuka pintu Ka'bah dan memasukinya diikuti oleh beberapa sahabat. Kemudian Nabi meminta agar pintu Ka'bah ditutup, dan Khalid bin Walid menjaganya di luar. Pada masa itu dinding Ka'bah di bagian dalam penuh dengan gambar para Nabi, malaikat dan sebagainya. Rasulullah Saw meminta agar semua itu di bersihkan lalu beliau membasuh dinding Ka'bah bagian dalam dengan air zamzam.
Patung-patung yang berada di dalam Ka'bah pun dihancurkan oleh Rasulullah Saw. Imam Ali as ikut membantu Rasulullah Saw dalam menghancurkan patung-patung ini. Ketika Rasulullah akan menghancurkan patung yang terbesar, beliau perlu pijakan untuk mencapai tempat yang lebih tinggi. Untuk itu beliau meminta Imam Ali agar mengangkat beliau di atas bahu. Ketika Rasulullah berusaha berdiri di atas bahu Imam Ali as, Imam Ali merasakan beban yang sangat berat dari tubuh Rasulullah saaw, sehingga beliau tidak mampu berdiri mengangkat tubuh Rasulullah dengan bahunya. Dalam hal ini Imam Ali sendiri mengatakan bahwa beban risalah yang diemban oleh Rasulullah membuat tubuh beliau sedemikian berat.
Wal hasil apa pun sebabnya, yang jelas dalam sejarah dikatakan bahwa ketika Imam Ali as tidak mampu mengangkat tubuh Rasulullah Saw, maka Rasulullah meminta agar Imam Ali yang naik ke bahu beliau untuk menjatuhkan berhala terbesar sesembahan kaum musyrikin Qureisy itu. Jadilah Imam Ali as naik ke atas bahu Rasulullah Saw dan menjatuhkan berhala besar yang pecah berkeping ketika menimpa tanah. Kemudian Rasulullah Saw berdiri di depan pintu Ka'bah dan mengucapkan kata-kata berikut ini, "Segala puji bagi Allah yang telah menepati janji-Nya, dan menolong hamba-Nya, dan mengalahkan golongan-golongan (kuffar musyrikin) sendirian".
Kemudian beliau memandang kepada orang-orang Mekah yang menyaksikan beliau menghancurkan berhala-berhala itu. Beliau bertanya kepada mereka, "Apa yang akan kalian katakan dan bagaimana menurut kalian?" Mereka menjawab, "Kami mengatakan yang baik dan berpendapat dengan pendapat yang baik pula. Engkau adalah saudara kami yang mulia, dan anak saudara kami yang mulia, dan Engkau telah mencapai kemenangan." Rasulullah Saw menimpali ucapan mereka dengan mengatakan, "Sedangkan aku mengatakan kepada kalian sebagaimana yang dikatakan oleh Saudaraku Yusuf. Dia (Yusuf) berkata, "Hari ini tidak ada celaan atas kalian. Mudah-mudhaan Allah mengampuni kalian, dan Dialah yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang". (Yusuf: 92)
Kemudian Rasulullah Saw juga mengatakan, "Kalian adalah seburuk-buruk tetangga Nabi. Kalian telah mendustakan, mengusir, dan mengganggu. Tetapi kalianbelum puas dengan semua itu, lalu kalian memerangiku pula. Pergilah kalian, dan kalian adalah orang-orang yang dimerdekakan."
Setelah menunaikan salat Dhuhur, Rasulullah Saw menyerahkan kembali kunci Ka'bah kepada Utsman bin Thalhah. Hal ini menunjukkan bahwa beliau sangat memegang teguh amanat kepada para pemiliknya. Kemudian Rasulullah Saw menghapus semua jabatan yang berkaitan dengan Ka'bah yang berlaku di masa jahiliyah, kecuali yang bermanfaat bagi umat manusia, seperti pemegang kunci Ka'bah dan penjaga tirai Ka'bah, juga petugas pembagi air untuk para hujjaj.
Dalam kesempatan pertemuan dengan kaum kerabatnya, teramsuk Bani Hasyim dan Bani Abdul Muttalib, Rasulullah Saw menjelaskan kepada mereka bahwa ikatan kekeluargaan yang ada diantara mereka tidak boleh membuat mereka merasa lebih mulia daripada orang lain, atau menjadikannya sebagai tameng untuk berbuat semena-mena dan melanggar yang berlaku dalam pemerintahan Islam.
Di hadapan kaum kerabatnya ini, Rasulullah Saw bersabda sebagai berikut, "Wahai Bani Hasyim, Wahai Bani Abdul Muttalib, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepada kalian, dan aku sangat mengasihi kalian. Akan tetapi janganlah kalian mengatakan "Muhammad dari kami". Demi Allah, para pencintaku, baik dari kalian atau dari selain kalian, tak lain adalah orang-orang yang bertakwa. Jangan sampai kalian datang kepadaku di hari kiamat dalam keadaan memanggul dunia, sementara orang lain datang memanggul akhirat. Ketahuilah bahwa aku tidak dapat berbuat apa dengan apa yang ada antara aku dan kalian, tidak pula antara Allah Swt dan kalian. Bagiku amalku dan bagi kalian amal kalian."
Kemudian, dalam khutbah yang beliau sampaikan di depan sejumlah besar penduduk Mekah, Rasulullah Saw mengajak semuanya untuk meninggalkan adat kebiasaan buruk di masa jahiliyah. Diantaranya ialah, watak suka menyombongkan nasab atau garis keturunan, etnis Arab atau kearaban, dendam kesumat dan perang berkepanjangan, dan kebiasaan-kebiasaan buruk lain. Semantara itu beliau menumbuhkan nilai-nilai mulia diantara mereka, seperti persamaan hak dan kedudukan diantara manusia, persaudaraan Islam, kasih sayang terhadap kaum lemah termasuk anak yatim dan kaum perempuan.
Sebelum ini telah disebutkan bahwa Rasulullah menjatuhkan vonis mati kepada 10 orang penduduk Mekah dan meminta agar mereka dibunuh dimanapun mereka berada, bahkan jika mereka bersembunyi di balik kain Ka'bah. Akan tetapi kira-kira separuh dari sepuluh orang ini pada akhirnya dimaafkan juga oleh Rasulullah Saw, karena permohonan beberapa sahabat, atau kerabat orang-orang itu, yang sudah masuk Islam sebelumnya.
Selain di dalam Ka'bah, kaum musyrikin Qureisy juga memiliki rumah-rumah ibadah yang penuh dengan berbagai macam berhala di dalamnya. Rasulullah Saw, juga memerintahkan agar rumah-rumah ibadah tersebut dibersihkan dari patung. Beliau juga memerintahkan kepada penduduk Makah yang memiliki patung agar menghancurkannya.
Demikianlah Rasulullah Saw setelah menaklukkan Mekah, mengislamkan seluruh penduduknya dan membersihkan kota ini dari semua berhala, beliau pun mengatur dan merapikan pemerintahannya dengan menunjuk orang-orang tertentu untuk menjalankan tugas-tugas sosial, politik, keamanan dan ketatanegaraan.(IRIB)

Tips - Trick komputer

Tips Merawat Komputer dan Tips Perawatan Komputer atau PC
Tips Cara Perawatan Printer atau Cara Merawat Printer
Tips Ampuh Mematikan Autorun
Tips Mudah Cara Instal Driver Laptop, Komputer, dan Netbook
Tips Cerdas Cara Mengenali 7 Arti Lampu Kedip Printer Canon Pixma IP dan Solusinya
Tips Jitu Mempercepat Proses Booting Windows 7
Tips Nyleneh Cara Membuat Layar Laptop Terbalik di Windows
Tips Ringan Cara Meminimize Seluruh Program Di Windows 7
Tips Cerdas Cara Menampilkan Operasi Matematika Equation Tools di Microsoft Word 2007
Tips Manjur Cara Menentukan Program Default di Windows 7
Tips Saleh Cara Menggunakan Komputer Di Bulan Puasa
Tips Cerdas Cara Mengatasi Wintoflash Cannot Lock The Drive
2 Cara Kilat Install Netbook, Laptop dengan Flashdisk
Tips Microsoft Excel yang Wajib Dikuasai Seorang Guru
Disable dan Enable Ctrl Alt Del ketika login di Windows Xp, Vista dan windows 7
Menghentikan program yang tidak dikehendaki (hidden process/ virus), memakai Securuty Task Manager
Menormalkan kembali atribut hidden folder dan file di dalam flash disk yang disembunyikan oleh virus
Tips Membuat Irit Konsumsi Baterai Laptop
Proteksi dokumen Ms.office dengan password
Backup Driver Komputer
Cegah Autorun dengan Autorun Eater 2.3
Cd Drive Tools, untuk buka tutup tray CD/DVD Rom dengan klik mouse
Aplikasi Pengunci Tombol Keyboard
Proteksi Dokumen dengan Menyembunyikan Folder Memakai My Lockbox
Tips Menyembunyikan Drive Komputer
Menampilkan kembali Folder Options yang hilang di Windows xp
Membuat Autohide Shortcut di Desktop
Disable Fungsi Port USB Disk

Tips-Trick Blogger widget dan kode Javascript

LANGKAH PEMBUATAN BLOG
cara membuat addres bar berjalan di blog
berbagi ilmu
Cara Memasang Animasi Tags Cloud
Menampilkan Status Yahoo Mesengger di Gadget Profil
Membuat Widget "Change Font This Blog" di Blog
Cara Membuat Sub Dropdown Pada Horizontal Menu
Tips Making Link list With Scrool
Cara membuat link dengan scrool dan bergerak
Cara Membuat Tempat Link
Cara Menambahkan Icon pada Link List / Label
Cara Membuat ScrollBar Pada Arsip Blog anda
Cara Membuat Efek Energy Saving Pada Blogspot
Memasang Effect cursor bertaburan bintang
Memasang Primbon di blog
Cara Membuat Auto Hide pada Navbar Blog
Cara membuat Shoutmix / buku tamu Tersembunyi
Membuat Widget Recent Comment ( Komentar Terbaru)Java Script
Cara Membuat Widget Multi Halaman/TabView
Cara Membuat gambar loading tampil di blog
Membuat Judul Blog Bergerak atau Berjalan
Cara Membuat Kelelawar/ kupu-kupu Terbang di Blog
Cara Membuat Roaming effect Blog
Cara membuat Gambar Membesar di blog
Cara Membuat Efek Link Berwarna-warni JavaScript
Cara Memberi Efek Blur pada Gambar dengan Java Script
Cara Menghilangkan Judul Blog Di Header
Cara Menghilangkan Tulisan Subscribe To Post Atom di Blog
Cara Membuat Halaman Penuh Tanpa Sidebar
Cara Menghilangkan Judul Blog Di Header
Cara Menghilangkan Tulisan Subscribe To Post Atom di Blog
Membuat favicon scroll text dengan mudah
Cara menaruh kode HTML di postingan blog
Cara mengatur postingan pada beranda blog
Pasang Widget penterjemah from google
Cara menampilkan kode html / javascript di postingan
cara membuat salam penutup di blog
widget google translate Versi.2
Cara membuat Cursor Menjadi Gambar di blog anda
Cara Daftar & Pasang Widget Histats di Blog anda
membuat text area di postingan blog
membuat widgets 3 kolom di bawah header blog
Tips membuat gambar Berada Di pojok blog
trick membuat readmore otomatis di blog
Tips memprotek blog dari penjiplakan
membuat salam pembuka di blog

Category software dan aplikasi

cara ngakalin billing warnet (1)
Tips Merubah File Pdf ke Swf Pdf to swf converter
Tips Menuliskan Ayat Al-quran Beserta Terjemahan Ke Ms Word Secara Otomatis Text bukan gambar
20 Arabic Font Keren Gratis
18 Software Gratis
Ebook Lengkap Panduan PHP dan MySql Gratis
Download Frame Foto Gratis
software fulll version
WebcamXP Pro 5.5.1.0 Full Patch Keygen
SpeedUpMyPC 2011 5.1.1.3 Full With Key
Download Copy Protect 1.5 Full Crack
Testing Memory RAM Dengan MemTest86+ 4.20
Software Pencari Chord Guitar Otomatis
Download Windows Movie Maker 6.0 Support Windows 7
software editing gambar ke video
Easy Icon Maker 5.5
Laporan Praktikum Java Internet anda
Tutorial lengkap JAVA Programming
Modul Kuliah Macromedia Flash 2
Download CD Ilmu Komputer
PCMAV (Anti Virus)
Opera mini versi 5 BETA
Download Ebook Safety Riding
OllyDBg - 32 bit Assembler
Download Aplikasi PDF to Word Converter 1.1
Download Aplikasi ColorPic
instant Messenger Alternatif dengan Fitur SMS Gratisan
doPDF - Free PDF Converter
Download IE7 PRO
Download Vista Start Menu
Download EximiousSoft Banner Maker
WinShalat 1.0 (Aplikasi pembelajaran sholat gratis
Quran Desk v.4.29 - Menampilkan Terjemah di Desktop
DOwnload HTTrack Website Copier
software unik dan gokil
bermain-piano-di-pc-dengan-pianofx
Download Photoscape V3.4
portable-photoshop-cs4
Portable Google Chrome 3.0.195.33
Online banyak ID yahoo dalam satu PC
Versi terbaru Opera 10.53
Mengconvert Video Dengan iWisoft Free Video Converter
Backup Dan Sinkronisasi Data Dengan DropBox
Bullzip PDF Printer Aplikasi Pencetak File PDF Gratis
Membersihkan File Sampah Dengan BleachBit Portable
Download Game Gratis TAGAP 2
Mengelola Jadwal Dengan EssentialPIM

Recent Post

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Followers

ads
free counters
IP